Tips Penggunaan Genset untuk Pertama kali
Untuk Genset 4-tak pastikan bensin menggunakan bensin murni/premium, dan dalam keadaan bersih/tidak kotor. Isi tangki hingga penuh atau secukupnya, jangan terlalu sedikit. Untuk genset 2-tak, pastikan bensin adalah bensin campur oli dengan perandingan 50 : 1 atau sesuai petunjuk mesin.

Bagi yang baru saja membeli sebuah genset, apapun merek dan tipenya (terutama genset bahan bakar bensin). Artikel dibawah ini layak dibaca untuk mempermudah mengoperasikan genset yang pertama kalinya dengan baik dan benar. Perhatikan seksama untuk keamanan, keawetan mesin dan pastinya agar genset dapat dengan lebih mudah beroperasi.

  • Untuk Genset 4-tak pastikan bensin menggunakan bensin murni/premium, dan dalam keadaan bersih/tidak kotor. Isi tangki hingga penuh atau secukupnya, jangan terlalu sedikit. Untuk genset 2-tak, pastikan bensin adalah bensin campur oli dengan perandingan 50 : 1 atau sesuai petunjuk mesin.
  • Pastikan Oli sudah terisi penuh (Menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun). Gunakan oli baru, jangan oli bekas pakai. Genset 2-tak tidak menggunakan oli mesin ini.
  • Jangan beri beban genset untuk penghidupan pertama.
  • Choke genset sebelum dinyalakan. Posisi choke berada dekat dengan karburator, biasa dengan logo segitiga. Posisi choke jika tuas berada di puncak logo segitiga.
  • Tarik gagang Recoil dengan baik (jangan disentak untuk menghidari kerusakan pada tali starter). Tarik perlahan, setelah sedikit berat baru tarik dengan kencang. Untuk menghidupkan pertama kali, biasa memakan 3-4 kali tarikan sebelum generator set menyala.
  • Matikan choke setelah genset menyala.
  • Biarkan beberapa saat (5 menit pertama), dan genset dapat diberi beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya.
  • Genset dapat dihubungkan ke salah satu stop kontak di jaringan listrik. PASTIKAN MCB PLN diturunkan/dalam posisi Off. Hal ini SANGAT PENTING untuk menghindari kerusakan genset akibat arus balik PLN saat listrik PLN hidup.

Setelah pemakaian maksimal, istirahatkan genset sampai kondisi mesin dingin, untuk memperpanjang umur genset. Apabila kelebihan beban, maka switch akan off/mati dan tidak boleh langsung di kembalikan ke posisi On/hidup. Harus menunggu sampai beberapa saat agar mesin dingin.

di dalam Blog Produk
Tips Penggunaan Genset untuk Pertama kali
Tyas K Putra 28 Juli, 2016
Share this post
Tips dan Trik Penggunaan dan Perawatan Genset agar Awet
Untuk mengoptimalkan umur generator Anda ada beberapa hal pokok yang harus menjadi perhatian serius. Hal ini berlaku baik generator Anda menggunakan engine 2-tak, 4-tak maupun engine diesel. Adapun langkah perawatan kurang lebih adalah: