Tips Memilih Vacuum Cleaner Rumah Tangga

Pernahkah Anda dilanda kebingungan yang sangat dengan varian penyedot debu yang beredar dipasaran? Diawali dengan harga yang relatif terjangkau di kisaran 800.000 hingga 4 jutaan pun tidak sedikit semakin membingungkan Anda. Lantas apa yang harus diperhatikan kala membeli vacuum agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak beberapa tips dan trik dibawah.

Pernahkah Anda dilanda kebingungan yang sangat dengan varian penyedot debu yang beredar dipasaran? Diawali dengan harga yang relatif terjangkau di kisaran 800.000 hingga 4 jutaan pun tidak sedikit semakin membingungkan Anda. Lantas apa yang harus diperhatikan kala membeli vacuum agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak beberapa tips dan trik dibawah.

Pertama, kita pahami fungsi dasar dari vacuum cleaner sebagai penyedot debu dengan kata lain, memindahkan debu dari luar vacuum ke dalam. Debu dibagi dalam 2 jenis utama, yakni debu kering yang biasa dari debu udara, dan kedua adalah debu basah, biasa dari tumpahan air atau tampiasan air hujan yang masuk ke rumah Anda. Perhatikan kegunaan dasar ini untuk kebutuhan Anda, apakah HANYA untuk debu kering, atau untuk kedua fungsi diatas. Kebutuhan untuk debu kering biasanya lebih murah dibanding vacuum dengan 2 fungsi basah dan kering. Parameter berkutnya adalah daya tahan alat. Paling mudah adalah dengan merek vacuum yang akan Anda pinang. Merek Eropa seperti Karcher dan Nilfisk tidak dapat dipungkiri memang memiliki daya tahan dan kontrol kualitas (quality control) dibanding merek lain dari negara lainnya, terutama merek China yang banyak beredar dipasaran. Jika parameter daya tahan alat menjadikan pertimbangan ekstra untuk Anda, silahkan tentukan merek branded mana yang paling ‘pas’ dengan Anda. Kisaran harga untuk vacuum standard merek China di 700 - 850 ribu, sedangkan untuk merek Eropa di 1 juta hingga 1,5 juta.

Kedua, perhatikan fitur sekunder. Ini mempengaruhi harga vacuum diluar pilihan pertama diatas. Fitur sekunder menurut hemat kami adalah fitur penunjang vacuum yang erat sekali dengan fungsi utamanya. Fitur itu antara lain, ukuran kontainer vacuum material kontainer, kelengkapan nozzle bawaan (diluar opsional) dan filter vacuum. Mari bahas satu persatu, Kontainer adalah daya tampung vacuum terhadap debu yang akan Anda sedot, semakin besar daya tampung berarti semakin leluasa Anda menyimpan debu di kantong debu hingga semakin sedikit gonta-ganti kantong debu. Hargapun semakin mahal untuk kontainer yang lebih besar, juga harga kantong debunya. Besar kontainer juga ditentukan seberapa kinerja vacuum di rumah Anda, seberapa luas dan seberapa dibutuhkan penggunaanya. Kebutuhan vacuum di rumah yang terletak di tepi jalan raya tentu beda dengan rumah di pinggiran daerah yang relatif lebih sedikit debu, walau dengan ukuran rumah yang sama. Selanjutnya material kontainer, biasa ada dua jenis. Plastik dan stainles. Plastik cocok untuk penggunaan yang lebih sering untuk debu kering, sedang stainles lebih cocok untuk debu basah karena material lebih kokoh dan anti korosi. Selanjutnya filter vacuum juga menentukan harga jual juga. Semakin baik filter pada vacuum makan akan semakin menjamin udara yang keluar akan semakin bersih. Untuk vacuum dengan harga murah, biasanya hanya dilengkapi filtrasi dengan busa, harga diatasnya biasa sudah dilengkapi dengan filter bulat yang terbuat dari kertas karton. Filter ini sebagai saringan kedua setelah kantong debu, atau saringan utama jika untuk debu basah. Teknologi filter yang lebih sempurna silahkan disimak dibagian bawah ini.

Ketiga, fitur tersier. Fitur paling akhir ini biasanya menyangkut “teknologi” yang disematkan ke dalam vacuum cleaner. Teknologi y ang disematkan pada vacuum ini biasanya mempengaruhi harga cukup signifikan dibanding vacuum dengan fitur standar. Misal teknologi HEPA Filter yang mampu menyaring debu yang masuk dan dikeluarkan dengan sangat bersih hingga 99,9999%. Teknologi HEPA 12 ini cocok untuk penggunaan rumah tangga yang sangat sensitif dengan debu, biasanya untuk kamar anak sensitif. Teknologi lain yang jarang digunakan pada vacuum cleaner adalah vacuum berfilter air, dimana penyaringan debu tidak melalui kantong debu melainkan dengan air. Fitur ini memungkinkan penghematan di penggunaan kantong debu, walau unit vacuum ini sendiri cukup mahal. Kisaran harga untuk vacuum dengan filter air sekitar 5 juta jika dengan fitur HEPA 12 seperti pada Karcher DS 5600. Investasi cukup tinggi untuk Anda penikmat efisiensi. Demikian kiranya 3 parameter utama kala memilih vacuum cleaner yang paling pas ntuk kebutuhan bersih-bersih rumah Anda. Mari jadikan segalanya bersih di rumah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik dan sehat bagi keluarga Anda. Selamat mencoba.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.