Tips Memilih High Pressure Rumahan atau Profesional

Mesin cuci tekanan tinggi dibutuhkan dalam berbagai aplikasi pekerjaan baik kebutuhan rumah tangga maupun industri. Untuk kebutuhan rumah tangga dapat digunakan untuk pencucian kolam ikan, taman, kendaraan baik roda dua maupun roda empat hingga aplikasi rumah tangga lainnya.

Mesin cuci tekanan tinggi dibutuhkan dalam berbagai aplikasi pekerjaan baik kebutuhan rumah tangga maupun industri. Untuk kebutuhan rumah tangga dapat digunakan untuk pencucian kolam ikan, taman, kendaraan baik roda dua maupun roda empat hingga aplikasi rumah tangga lainnya. Kebutuhan industri digunakan dalam skala yang lebih besar, pencucian alat berat, kendaraan, mesin industri hingga lain. Apa yang membedakan mesin cuci tekanan tinggi untuk kedua kebutuhan tersebut? 

1. Pekerjaan Rumah Tangga atau Profesional?

 Hal paling pertama untuk menentukan alat yang tepat adalah, penggunaan alat untuk beban medium atau beban berat dengan pemakaian konstan setiap hari dengan beberapa jam perharinya. Beban rendah dan medium menggunakan 

mesin tekanan tinggi rumah tangga

 sudah memadai dengan pemakaian 3 hari atau seminggu ekali dengan masa pakai misalkan satu hingga dua jam saja. Sebaliknya mesin profesional untuk pemakaian yang lebih sering dan konsisten setiap harinya. Penyalahgunaan penggunaan alat bukan saja berdampak pada umur pakai mesin yang pendek, namun juga dapat menghilangkan garansi pemakaian karena pemakaian yang tidak sebagaimana mestinya. Hampir semua merek mesin pencuci tekanan tinggi yang ada di 

indoteknik.com

 memiliki pembagi yang jelas antara penggunaan rumah tangga maupun profesional. Jadi pastikan bahwa Anda menggunakan peralatan/mesin yang tepat untuk menunjang pekerjaan Anda. Pekerjaan menjadi efisien, optimal dan bebas masalah tentunya. 

2. Tekanan Penyemprotan Mesin (bar)

 Sudah jelas, bahwa alat ini adalah mesin penyemprot air tekanan tinggi, sudah tentu tekanan sangat diperlukan dalam proses pencucian berbagai media. Satuan tekanan yang umum adalah bar atau Kg/cm2. Misal: pencucian sepeda dan kendaraan roda empat membutuhkan tekanan yang berbeda, belum lagi untuk kebutuhan cuci kolam ikan hingga dinding berlumut. Tekanan kerja alat mengambil porsi yang besar dalam mengerjakan berbagai macam kebutuhan tersebut. Range mulai 30 bar hingga 140 bar diperlukan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga tersebut. Kebutuhan profesional memiliki range tekanan lebih lebar, yakni 30 bar hingga 250 bar untuk mesin cuci tekanan tinggi air dingin. Tekanan paling tinggi biasa digunakan pada industri pertambangan untuk pencucian kendaraan atau mesin alat berat dengan noda yang sulit, seperti batubara, minyak dan tanah keras. 

3. Flow Rate (liter/menit)

 Flow rate adalah aliran air yang memungkinkan dalam penyemprotan. Satuannya pada umumnya adalah liter/menit (kadang liter/detik). Flow rate menentukan bidang pencucian efektif saat penyemprotan. Logika paling mudah ditangkap adalah jika flow rate 300 liter/menit dengan tekanan 100 bar maka akan tercapai bidang penyemprotan efektif asalah 2x2cm atau 4 cm2, maka dengan flow rate yang besar misalkan 600 liter/menit dengan tekanan yang sama akan tercapai bidang efektif penyemprotan 5x5cm atau 25cm2. Artinya dengan flowrate yang besar (dengan tekanan yang sama) akan tercapai bidang efektif penyemprotan yang lebih besar dan mempercepat waktu pekerjaan/penyemprotan tentunya. Oleh karenanya mesin dengan flowrate yang besar juga mempengaruhi harga mesin. 

4. Aksesoris Mesin

 Aksesoris pada dasarnya dirancang untuk mempercepat suatu pekerjaan yang spesifik. Sebut saja hal yang palling sederhana dalam pekerjaan rumah tangga adalah proses pencucian kendaraan dan taman menggunakan dua nozzle yang berbeda jika mengacu pada efisiensi pekerjaan, yakni nozzle standar dan nozzle dirtblaster (pada karcher) yang memiliki putaran pada proses pencucian. BBerapa aksesoris lain yang umum: Vario (untuk menyetel tekanan penyemprotan), kontainer sabun untuk sabun maupun chemical, nozzle brush/sikat dan banyak lainnya. Demikian kiranya info singkat kami untuk membantu memilih mesin penyemprotan yang pas untuk kebutuhan rumah tangga maupun profesional Anda. Jelas untuk tercapainya tujuan dalam pekerjaan yakni efektif dan efisien yang memungkinkan banyak penghematan yakni penghematan air, penghematan waktu dan penghematan biaya secara keseluruhan. Salam Indoteknik.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.